Gelora Sumpah Pemuda


  • 31-10-2009
  • Fadjar Efendy Rasjid
Bertempat di halaman depan gedung perpustakaan kampus Ubaya Tenggilis, Rabu pagi, 28 Oktober 2009 berlangsung Upacara Bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-81 yang diikuti seluruh sivitas akademika di lingkungan Ubaya. Tema yang diangkat pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-81 tahun ini adalah “Pemuda Mandiri, Indonesia Maju dan Bersatu.”

Dalam sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang disampaikan langsung oleh Pembina Upacara, Rektor Universitas Surabaya, Prof Drs ec Wibisono Hardjopranoto MS,  dikatakan bahwa, di tangan para pemudalah masa depan bangsa ditentukan. Karena itu, bangsa yang besar harus memastikan bahwa generasi mudanya sanggup menjawab tantangan zamannya, dan sanggup meneruskan capaian-capaian generasi sebelumnya atau bahkan melebihinya. ”Tema ini mengandung pesan yang jelas kepada kaum muda untuk memperkokoh persatuan, menyatukan langkah, bersinergi dalam menggelorakan semangat Merah Putih untuk kejayaan bangsa dan negara,” ujar Prof Wibi dalam membacakan sambutan Menpora RI Andi Mallarangeng.

Melalui tema tersebut, lanjut Beliau, diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi para pemuda untuk bersama-sama memberikan kontribusi terbaik demi kemajuan bangsa, karena di tangan para pemudalah masa depan bangsa ditentukan dan bangsa yang besar harus memastikan bahwa generasi mudanya sanggup menjawab tantangan zamannya serta sanggup meneruskan capaian-capaian generasi sebelumnya, bahkan melebihinya.

Disela-sela Upacara juga dilakukan pemberian beasiswa kepada para mahasiswa. Beasiswa yang diberikan antara lain adalah
Mari pemuda, kembangkan semua kualitas dan daya saing, dengan peradaban yang unggul dan berkarakter. Seluruh bangsa mendukungmu, seluruh bangsa menanti kiprahmu. (cuy/wu)
Update: 31-10-2009 | Dibaca 10161 kali | Download versi pdf: Gelora-Sumpah-Pemuda.pdf