Turnamen College Bowl Ke VII, Mainkan Olahraga Baru Yang Digandrungi


  • 13-11-2019
  • Hayuning Purnama Dewi
Universitas Surabaya (Ubaya) tahun ini dipercaya oleh IFFA (Indonesian Flag Football Association) untuk menjadi tuan rumah sekaligus penyelenggara acara College Bowl Tournament yang ke VII. Mulai 1 November 2019, turnamen ini diselenggarakan selama tiga hari berturut. Puncak acara berada di Ubaya Sport Center (USC), sebagai salah satu penutupan turnamen. College Bowl kali ini mengambil tema “Equilibrium” yang berarti keseimbangan atau kesetaraan. “Tema tersebut memiliki arti kita semua sama dan setara, semua layak menjadi juara. Karena semua pasti mempersiapkannya dengan kerja keras,” ungkap M. Nur Ananta Tirta Putra selaku Ketua Pelaksana acara tersebut.
 
College bowl adalah turnamen tahunan cabang olahraga flag football yang diadakan oleh IFFA dan diikuti oleh berbagai universitas di seluruh Indonesia. Tahun ini terdapat 14 universitas di Jawa Timur maupun di luar Jawa Timur yang turut serta bertanding, yaitu: Universitas Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Padjadjaran, dan beberapa universitas lainnya. Flag football sendiri merupakan salah satu cabang olahraga variasi dari American football (NFL). Berbeda dengan NFL yang melakukan tackle keras kepada pemain lawannya, flag football lebih aman.
 
Hal tersebut dikarenakan pemainnya hanya diharuskan merebut bendera yang berada di bagian pinggang lawan. Pada acara penutupan college bowl kali ini turut dimeriahkan oleh beberapa penampilan. Salah satunya adalah Sega Dance Crew milik KMM Seni & Olahraga dari Fakultas Bisnis dan Ekonomi (FBE) Universitas Surabaya. “Kesimpulan yang saya ambil setelah tiga hari ini yaitu, kita tidak perlu hebat untuk memulai. Tapi kita harus memulai untuk menjadi hebat,” ungkap Tirta saat memberikan sambutannya sore itu. Dalam college bowl tournament ke VII ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi pemenang setelah berhasil mengalahkan Universitas Padjadjaran (UNPAD) pada babak final dengan perolehan skor 19-14.
 
Di Indonesia sendiri, olahraga Flag Football memang sedang digandrungi oleh berbagai kalangan khususnya oleh para mahasiswa. Oleh karena itu IFFA juga sedang melakukan proses pengembangan cabang olahraga ini. Rencananya cabang ini akan diajukan untuk masuk ke KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Menurut Tirta, salah satu syaratnya adalah dengan memiliki team FF ini disetiap provinsinya, karena itu diadakannya turnamen rutin ini diharapkan agar masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal dan menjadikan cabang flag football ini semakin maju untuk kedepannya. (RE6, jr)
Update: 13-11-2019 | Dibaca 817 kali | Download versi pdf: Turnamen-College-Bowl-Ke-VII--Mainkan-Olahraga-Baru-Yang-Digandrungi.pdf