10 Pebasket Dari Enam Kampus Bakal Diboyong Ke Filipina


  • 12-03-2019
  • Fadjar Efendy Rasjid

BANDUNG - 10 orang pemain basket dari enam kampus di Indonesia bakal diboyong ke Filipina, untuk mengikuti kompetisi basket internasional pada akhir Maret 2019.

Kesepuluh pemain basket itu adalah pemain terbaik yang dilihat berdasarkan skill individu dan kemampuan tim pada laga LA Streetball Campus Championship 2019 yang digelar selama sepekan di GOR Ctra Arena, Kota Bandung.

Mereka adalah Yudha Saputra, M Firdan G, dan Petrus Brando dari Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB). Kemudian Rioga Deswara (STIE Bhakti Pembangunan), M Aulia (Unpad), Andreas Vieri dan Habib Trio Adji (Universitas Surabaya/Ubaya), Sulthan M (STT Telkom Bandung), M Lakha (STIE Bhakti Pembangunan), dan Agus Salim (Univ Esa Unggul). Selain itu, pelatih dari ITHB Ricky Gunawan dan Weliyanto Pribadi dari Ubaya terpilih menjadi pelatih yang bakal ikut mendampingi kompetisi itu.

Head Coach LA Streetball 2019 Antonius Joko mengatakan, para pemain itu selanjutnya bakal mengikuti training di Jakarta di bawah pelatih profesional, sebelum bertanding ke Manila.

"Kami sudah menilai kemampuan mereka, disesuaikan dengan kebutuhan atlet kami. Hasilnya cukup bagus. Saya yakin sesuai dengan kualifikasi untuk melawan tim tangguh dari Manila," kata Antonius.

Pada kompetisi LA Streetball Campus Championship 2019, tim basket dari ITHB keluar sebagai juara pertama. Tim ini unggul atas Ubaya. ITHB merupakan juara berturut-turut selama empat musim di ajang Battle of Campus (BOC). Sedangkan Ubaya adalah juara Campus League (CL) gelaran kompetisi basket antarkampus di Surabaya.

Sementara, di posisi ketiga adalah Universitas Esa Unggul (UEU), setelah mengalahkan Unpar dengan skor 67-51. Walaupun pertandingan berjalan sengit dan terjadi kejar-mengejar angka, UEU lebih unggul.

LA Streetball Campus Championship 2019 adalah ajang yang mempertemukan delapan tim jagoan masing-masing wilayah di Indonesia, yaitu ITHB, Universitas Parahyangan (Unpar), Universitas Padjadjaran (Unpad) Universitas Telkom, Ubaya,  Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Esa Unggul, serta STIE Bhakti Pembangunan.

Perwakilan LA Stretball Campus Championship 2019 Tris Pondang mengatakan, pihaknya sangat puas atas penampilan masing-masing tim pada kompetisi ini. LA Streetball Campus Championship 2019 diikuti jago-jago basket antarkampus.

"Secara kualitas mereka sangat bagus. Masing-masing tim mampu menampilkan kemampuan individu dan tim dengan sangat baik,sehingga cukup menghibur penonton," kata Tris.

Jabar Sindonews

Update: 12-03-2019 | Dibaca 432 kali | Download versi pdf: 10-Pebasket-Dari-Enam-Kampus-Bakal-Diboyong-Ke-Filipina.pdf