Fakultas Psikologi Peduli Kekeringan Bojonegoro


  • 31-08-2015
  • Fadjar Efendy Rasjid

Listyo Yuwanto

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Berkaitan dengan kondisi kekeringan yang melanda beberapa daerah di Jawa Timur termasuk Bojonegoro, maka Statistik Asistance Center (SAC) Fakultas Psikologi Universitas Surabaya bekerja sama dengan ILS+ Community Responsibility mengadakan program bantuan air bersih di Kampung Sogo dan Kampung Gledekan, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam Bojonegoro pada hari Minggu 30 Agustus 2015. Program ini di bawah penanggungjawab Dosen Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yaitu Kristianto Batuadji, S.Psi, MA, dan koordinator program dari mahasiswa Ike Ulaymatul Fadlilah. Selain Ike, dari mahasiswa yang terjun ke lokasi adalah Gina Amalia Anggari dan Agustine Karina Goldia Pertiwi.

Program ini merupakan bentuk kepedulian Fakultas Psikologi kepada masyarakat yang terdampak bencana kekeringan. Kekeringan termasuk pada kriteria bencana yaitu bencana alam (natural disaster). Selain itu, program ini merupakan sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu psikologi dalam konteks bencana secara nyata setelah mempelajarinya secara teori. Ilmu psikologi tidak hanya mempelajari dan berperan pada pendampingan psikologis saja, tetapi juga berperan pada area restore safetyyang berfokus pada physical healthyaitu sustainseringkali kita kenal dalam bentuk bantuan logistik, yaitu bantuan secara fisik seperti makanan, minuman, pakaian, ataupun yang lainnya, bantuan kebutuhan dasar.

Dana program penyaluran air bersih bagi masyarakat yang terdampak kekeringan berasal dari dana mandiri mahasiswa dari hasil menjual botol-botol bekas yang dikumpulkan selama periode waktu tertentu, bantuan dana dari alumni, bantuan dana dari dosen-dosen Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, sisa dana bantuan untuk erupsi Gunung Raung, dan ILS+ Community Responsibility. Semoga program semacam ini tetap dapat terjaga pelaksanaannya, sehingga sense of communitysebagai bentuk konkret learning beyond the classroomserta sinergi civitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Surabaya dan masyarakat tetap terjalin.

Update: 31-08-2015 | Dibaca 4832 kali | Download versi pdf: Fakultas-Psikologi-Peduli-Kekeringan-Bojonegoro.pdf