Dampak Acara Hiburan Dengan "Goyangan" Di Masyarakat


  • 26-03-2014

Saat ini acara hiburan yang ditayangkan di televisi sangat beraneka ragam. Ketika kita menyalakan televisi, berbagai macam pilihan jenis acara sudah tersedia dan dapat kita pilih sesuai dengan minat dan selera kita masing-masing. Salah satu acara yang sedang digandrungi di masyarakat adalah acara hiburan yang menyuguhkan goyangan-goyangan enerjik mengikuti irama musik dangdut yang senantiasa diikuti oleh penggemar setianya. Lalu bagaimana dampak acara ini di masyarakat?

Acara ini sangat populer di masyarakat, bahkan menurut beberapa website yang mengamati rating televisi acara di Indonesia, acara ini selalu menduduki peringkat tiga besar rating tertinggi. Goyangan-goyangan yang diciptakan pemain-pemain yang berperan dalam acara ini selalu menjadi tren dan ditiru masyarakat. Ditambah lagi dengan hadiah-hadiah yang dibagikan selama acara juga semakin menarik minat masyarakat untuk menonton acara ini.

Namun menurut Dra Soerjantini Rahaju MA (akrab disapa Bu Ninuk) selaku Wakil Dekan II Fakultas Psikologi Ubaya, acara semacam ini merupakan acara spotanitas yang hanya berorientasi pada hiburan semata. “Sisi negatifnya, apabila anak-anak melihat acara ini tentu mereka akan beranggapan bahwa mem-bully orang itu biasa, bahkan dianggap lucu, padahal hal tersebut bisa saja menyakiti orang lain,” ujarnya.

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk mendampingi dan membatasi anak-anak menonton acara semacam ini. Memang segmentasi acara ini ditujukan bukan untuk anak-anak, apalagi acara ini ditayangkan pada malam hingga tengah malam, yang sudah pasti melewati jam tidur anak-anak . Bu Ninuk juga memaparkan bahwa acara televisi seharusnya yang memiliki unsur edukasi, namun tetap mengandung unsur hiburan. Untungnya acara-acara pendidikan bernuansa agama juga digemari belakangan ini, sehingga dapat mengimbangi.(mgl)

Update: 26-03-2014 | Dibaca 3744 kali | Download versi pdf: Dampak-Acara-Hiburan-Dengan--Goyangan--Di-Masyarakat.pdf